Mari Mengenal Komponen Yang Ada Pada RC Speed Boat

Ada beberapa jenis rc speed boat yang beredar dipasaran, baik itu hanya untuk dipakai bersenang-senang, maupun untuk memacu adrenalin anda dengan kegiatan balap rc boat. Pada artikel blog kali ini menyoroti tentang rc speed boat yang dipakai untuk balapan, karena saya melihat antusiasme masyarakat penghobi rc boat saat ini yang begitu tinggi.
Komponen hardware Speed Boat RC
Komponen hardware Speed Boat RC

Seperti yang sudah kita ketahui bersama kalau ada beberapa RC speed boat yang bertenaga gasoline yang dapat menembus kecepatan hingga 100mph, namun yang akan kita bahas kali ini mengenai RC boat bertenaga listrik (baterai).

Komponen-komponen Yang Ada Pada RC Boat

Anda tentu sudah mengetahui apa itu rc speed boat, tugboat, atau jenis rc kapal lainya yang dipakai untuk balapan atau hanya untuk bersenang-senang. Berikut gambar dari RC speed boat dan Tugboat yang banyak dikoleksi para penghobby mainan remote control.

Komponen hardware Speed Boat RC

Komponen hardware Speed Boat RC


Speed boat yang berjenis electric merupakan boat yang memakai energy baterai sebagai penggeraknya, yang mana didalamnya terdapat Motor, Esc, dan tentu saja baterai. Seperti halnya Motor yang ada pada RC Cars, Motor penggerak yang ada pada RC boat terbagi dua jenis.

Motor Brushed dan Brushless


Motor atau Dinamo brushed
Perbedaan antara motor brushed (kiri) dan brushless (kanan)
Saya akan sedikit membahas tentang perbedaan keduanya, Motor atau Dinamo brushed merupakan tipe motor yang menggunakan brush sebagai penghantar listrik ke motor dan menggerakannya. Keunggulan dari motor brushed adalah sangat kokoh dan tahan lama, namun kekurangannya anda harus sering melakukan perawatan extra. Bila brushnya sudah menipis akan membuat performa dari motor menurun dan membuat Rc speed boat anda menjadi lambat. Perlu adanya penggantian brush yang baru.
Motor Brushed


Dinamo Brushless


Dinamo atau Motor brushless memiliki keunggulan dalam hal perawatan dibanding dengan motor brushed. Bisa dikatakan hampir tidak perlu adanya perawatan jika speed boat anda memakai tipe motor ini. Ada dua jenis motor brushless, inrunner dan outrunner. Motor Brushless Inrunner Motor Brushless Outrunner.
Motor Brushless Inrunner

Brushless Outrunner


Esc Rc Speed Boat

Ibarat otak manusia, esc merupakan otak dari rc speed boat, yang mana merupakan program perintah yang akan membuat speed boat anda maju dan mundur, merupakan core item pada setiap Rc elektrik. Meskipun begitu, esc sangatlah rentan akan kerusakan, apalagi pada speed boat yang medannya air, sekali terguyur air, sudah dipastikan akan rusak, maka dari itu anda harus memperhatikan betul posisi dan perlu adanya perawatan extra pada esc.

Dua tipe Esc, pertama Esc Brushed, yah ini dipakai berpasangan dengan tipe Motor / dinamo Brushed, dan Esc tipe brushless dipasangkan dengan motor tipe brushless. Ada banyak esc yang bisa anda beli baik di toko rc atau bisa juga online shop terpercaya. Berikut contoh untuk Esc tipe brushed dan Brushless.
Esc tipe brushed

Esc tipe brushless


Baterai

Untuk pemakaian baterai biasanya sesuai dengan keperluan dan budged masing-masing. Masi sama seperti Rc cars, baterai pada RC boat yang biasa digunakan adalah baterai accu, nimh, nicd, dan baterai Lipo. Bentuk baterai nimh disebut juga baterai lontong bentuknya tersusun memanjang. Baterai lipo berbentuk kotak persegi panjang.

Lipo baterai

nimh


Hardware Speed Boat

Yang dimaksud dengan hardware disini berupa komponen pelengkap yang terpasan pada RC speed boat, seperti Screw Propeller (baling-baling), Propeller Shafts (tangkai baling), flex shaft dll. Untuk jelasnya bisa lihat gambar.
Komponen hardware Speed Boat RC

Komponen hardware Speed Boat RC


Demikianlah artikel singkat mengenai RC speed boat kali ini, yang diperuntuhkan bagi anda yang masi pemula dalam dunia RC boat / tugboat. Semoga saja bisa membantu anda mendapatkan informasi didalamnya, Terima kasih.

baca juga : cara mendapatka uang di aplikasi Snack Video

0 Response to "Mari Mengenal Komponen Yang Ada Pada RC Speed Boat"

Post a Comment