Memilih Baterai Yang Tepat Untuk Mobile RC


Ketika Anda membeli mobil RC, sering kali sudah dilengkapi dengan baterai, tetapi ada berapa kasus yang baterainya dijual terpisah. Jika itu terjadi, Anda mungkin dihadapkan dengan pilihan ini, baterai jenis LiPo atau Ni-Mh. Jika anda lebih memilih berhemat daripada memikirkan rencana penggunanan jangka panjang, silahkan beli tipe NiMH. Baterai Ni-Mh lebih murah dan "aman" karena baterai LiPo BISA meledak jika dikenakan dengan tidak benar, tetapi dalam penggunana jangka panjang NiMH sangat tidak layak. Silahkan baca dulu perbedaan, kelebihan dan kekurangan dari kedua baterai ini sebelum membeli.

Perbedaan Antara Baterai NiMH dan LiPo

Ada dua jenis baterai saat ini digunakan untuk mobil RC - nickle metal hydride (NiMH) dan lithium polymer (Lipo). Awalnya, Mobil RC menggunakan baterai jenis Nickle Cadmium (NiCad) - tapi NiCad telah saat ini telah digantikan oleh alternatif yang jauh lebih unggul dan namum masi ada beberapa toko menjual baterai tua ini. Semua baterai memiliki dua rating utama yang harus Anda ketahui: Voltage (V) dan milliamp-jam (mAh). Tegangan dapat dianggap sebagai "tekanan listrik". Semakin tinggi tegangan, semakin kuat baterai. Tegangan mAh menggambarkan kapasitas baterai. Semakin tinggi rating, semakin lama baterai dapat berjalan dari pada saat terakhir pengisian ulang.

Baterai NiMH

Baterai NiMH yang dijual dalam kemasan yang terdiri dari 6 atau lebih cell. Setiap cell mempunyai 1.2V, sehingga paket 6 cell memiliki 7.2V. Namun baterai jenis NiMH lebih berat dan tidak dapat menyimpan banyak enery sebanyak yang dapat dilakukan oleh baterai jenis LiPo, akan tetapi NiMH memang lebih murah dan kurang rewel. baterai NiMH umumnya direkomendasikan untuk pemula.

Baterai LiPo

Baterai LiPo terdiri dari paket yang berisi dua atau lebih cell masing-masing mempunyai daya 3.7V. Sebuah baterai dua cell memiliki tegangan total 7.4V, dan biasanya disebut "2s" pack, yang merupakan singkatan dari "2 cell dalam seri". baterai Lipo memiliki rating lain selain tegangan dan mAh: Peringkat C. C adalah indikasi berapa banyak ampere baterai dapat ditampung. Baterai LiPo jauh lebih ringan dari NiMH, dan mereka mampu menampung daya lebih banyak dari NiMH, namun harganya pasti lebih mahal dari NiMH.

2 Responses to "Memilih Baterai Yang Tepat Untuk Mobile RC"