Mengenal ESC, Brushed, dan Brushless Motor RC

Dinamo motor merupakan part yang sangat penting pada RC cars, yang perlu diketahui ada dua tipe motor yang dipakai sebagai penggerak pada mobil remot elektrik  (electric), jenis atau tipe tersebut adalah Brushed Motor dan Brushless Motor (BL). Dan untuk mengontrol kecepatan pada kedua tipe motor ini, digunakan ESC, apa itu ESC dan apa perbedaan dari brushed motor dan brushless motor?, simak pemaparan dibawah ini.
Motor RC
Motor Mobil Remot


Brushed Motor

Brushed motor murah tetapi tidak secepat tipe brusless motor.Tipe ini dinilai dari jumlah rotasi (t) yang digunakan. Secara umum, semakin rendah rotasi (t) itu berarti kecepatan semakin tinggi. Kebanyakan motor tipe brushed performanya sekitar 19t-30t sedangkan waktu performa maximal bisa mencapai 5t-12t. brushed motor memiliki dua kabel listrik. brushed motor bisa dibongkar pasang dengan mudah untuk meperbaiki bagian dalam yang akan diganti.
Dua Kabel Brushed Motor


Brushless Motor (BL)

Motor tipe BL lebih cepat dan lebih efisien, yang berarti pemakaian energy baterai akan lebih hemat. Harganya lebih mahal daripada brushed motor. motor BL dinilai oleh KV, dengan penilaian yang lebih tinggi menyamai max RPM yang lebih tinggi. Perhatikan bahwa "lebih cepat" tidak selalu lebih baik. Semua motor BL memiliki tiga kabel listrik. Motor brushless juga mempunyai dua tipe, yakni sensored dan sensorless. motor sensored memiliki kabel tambahan yang di pasang ke ESC. kabel ini terhubung ke sensor di dalam motor dan memungkinkan ESC melakukan kontrol lebih baik. Sensorless motor lebih murah, tetapi tidak semulus berjalan dibandingkan dengan sensored, terutama pada kecepatan rendah.
Brushless Motor RC
Tiga Kabel Brushless Motor


Electronic Speed Controls (ESC)

ESC adalah perangkat elektronik yang mengontrol seberapa cepat motor berjalan bekerja seperti throttle pada kendaraan bermotor. Baik brushed motor dan brushless (BL) motor membutuhkan ESC masing-masing. Kebanyakan ESC BL memiliki fitur pemograman tambahan, seperti sistem anti-lock, tegangan rendah atau cutoff dan signal loss protection. ESC untuk motor tipe brushed dinilai dari jumlah putaran (t) yang didukung, sementara untuk ESC pada motor brushless dinilai dari KV.
Electronic Speed Controls (ESC)
ESC Mobil Remot


Kesimpulan

Kelebihan dari tipe Brushed motor adalah harganya yang murah, namun sangat tidak efektif dalam penggunaan tenaga, alias boros energy. Brushless motor sangatlah efisien, powerfull / bertenaga, cepat, dan tahan lama. Brushless motor hampir tidak punya masa expire tidak seperi brushed motor yang biasanya hanya tahan sampai 6 bulan. Yang membedakan keduanya adalah brushless mempunyai tiga kabel, sedangkan brushed hanya punya dua kabel seperti kebanyakan dinamo motor kebanyakan.

3 Responses to "Mengenal ESC, Brushed, dan Brushless Motor RC"

  1. Kalau mau ganti ESC Brussels apakah perlu ganti rekornya

    ReplyDelete
  2. Boleh terangkan apa itu 50a,80a,120a dan 150a pada ESC tersebut, contoh.adakah ESC 120a itu ialah 120amp

    ReplyDelete
  3. Bagaimana cara mengetahui motor yang cocok untuk sebuah Rc gan ??

    ReplyDelete