Perbedaan Antara RC QD dan EP

Buat para mini RC'ers yang masih pada bingung dengan apa yang di maksud "Mini R/C", yang namanya mini pasti kecil kan gan, yupz! emang RC ini ukurannya kecil banget, kurang lebih seukuran genggaman tangan orang dewasa, soalnya klo nih RC di genggam bayi ya pasti ttp gede.

System elektronik yg sering dipakai ada 2 jenis yaitu QD (quickdrive) dan EP (electronicpropotional). sebelum bahas yang lebih, mungkin back to basic dengan QD terlebih dahulu. System 4WD untuk drift, dan 2WD untuk touring/race. Skala 1:32/1:28/1:24.

Khusus QD drift, merek ada beberapa, di antaranya: TTDPL, NS drift, Feilun, True drift, Drift Legend, Dll. Harga juga bermacam2 dari 100k - 500k lebih, dan untuk upgrade pastinya gak serumit R/C skala di atasnya, paling cuma dari: Dinamo (ukuran sama dngan mini 4wd), Charger, dan Batre yg agak tahan lama. Ckup sgitu dulu penjelasannya gan, nanti di lanjut dlm share wall to wall aja yaa.

RC QD (Quick Drive)

RC quick drive atau yg biasa dikenal dengan rc QD merupakan RCyg mempunyai sistem yang terintegrasi menjadi satu, baik kontrol steering,kontrol pengerak maupun frekuensi remote semua terintegrasi menjadi satu modul.

Biasanya rc jenis ini mengunakan 2 motor dalam 1 unit, motor yg pertama digunakan untuk sumber tenaga pengeraknya, sedangkan motor kedua digunakan untuk mengerakan sistem kemudi-nya.

Kontrol pada rc jenis ini sangat terbatas,hal ini disebabkan oleh karena pada rc jenis ini mengunakan metode On off switch.

Misalnya, ketika kita menekan tombol untuk maju, maka modul akan memerintahkan motor untuk berputar ke depan dengan kemampuan maksimal,begitu juga pada steering nya, ketika kita menekan tombol untuk berputar ke kiri, maka modul akan memerintahkan motor untuk berputar ke kiri hingga ke titik maksimal tanpa dapat dikontrol sudut2 sesuai dengan keinginan kita.

Cara gampangnya adalah, RC QD hanya memiliki 1 kecepatan (maju—mundur),belok pun ‘tektok’. Tapi jangan dulu menganggap remeh RC QD, terutama kategori ‘mini’. Kreatifitas, dukungan dan adanya komunitas sudah melampaui batas2 kewajarannya.

Apakah rc jenis ini dapat digunakan untuk rc drifting? Tentu saja,selama rc jenis QD ini memiliki sistem pengerak 4 roda [4WD] tentu saja bisadigunakan.

Contohmini RC QD:
- TTDPL
- NS Drift
- Feilun
- True Drift
- Drift Legend
- Auldey DS
- Maisto Drift

RC EP (Elektronik Proportional)

Berbeda dengan RC QD, Rc jenis ini memberikan kebebasan bagi pemiliknya untuk menentukan performa dari rc nya. Hampir semua bagian dari rcini dapat di personalisasi kan sesuai dengan keinginan pemiliknya. Secara garis besar rc jenis ini dapat kita bagi menjadi 2 bagian yaitu

Kit
Kit merupakan bagian utama dari hobby ini. Kit terdiri dari beberapa bagian yg menjadi satu kesatuan. Chasis dan kaki kaki merupakan bagian utama dari sebuah kit. Hampir semua bagian dari sebuah kit dapat di modifikasi sesuai dengan karakter pengemudi nya.

Elektronik
Elektronik merupakan bagian dari sebuah rc yg berhubungan dengan kelistrikan. Esc, motor, servo,baterai, transmiter [TX] serta receiver [RX] merupakan bagian dari elektronik yg menjadi syarat mutlak untuk sebuah rc agar dapat berjalan. Note: untuk RC GP Esc diganti dengan Engine.

- ESC & Motor
ESC [Electronic speed control] berfungsi sebagai pengatur arus listrik dari baterai ke motor elektrik sehingga motor tersebut dapat berputar sesuai dengan kecepatan yang kita inginkan

Servo
Servo dalam dunia RC biasanya digunakan sebagai pengerak steering ataupun sebagai pengatur throttle pada RC GP

- Transmiter
Transmiter biasanya merupakan unit yg digunakan oleh driver untuk mengontrol RC

- Receiver
Receiver merupakan penerima signal dari sebuah transmitter yg diteruskan menjadi perintah kepada piranti elektronik lain nya agar dapat bekerja..

Macam-macam kit yang udah BornTo Drift
- Mini Z AWD
- Firelap AWD
- Iwafer

Saat ini, bukan hanya kit tersebut yang ada. Kit QD pun juga banyak yang di konversi ke EP dengan perlengkapan elektronik tersebut di atas. Dan dengan performa yang tidak jauh berbeda. Bahkan lebik baik.

1 Response to "Perbedaan Antara RC QD dan EP"