Mengenal Mobil Remot Kontrol Nitro / Metanol

Pembahasan yang cukup lengkap mengenai mobil remot kontrol yang berbahan bakar bensin dengan mesin motor torak telah kita bahas tuntas pada postingan yang lalu. Bagi yang belum baca, saya sarankan untuk membacanya pada artikel saya yang berjudul Mobil Remot Kontrol Berbahan Bakar Bensin. Oke, saat ini kita akan membahas tetang jenis mobil kontrol lainnya, yaitu mobil Kontrol Berbahan bakar metanol atau yang lebih dikenal dengan sebutan RC Nitro, atau mobil remot kontrol nitro. Saya harap dapat bermanfaat bagi anda yang sedang menekuni hobby RC, terutama jenis RC bahan bakar.
Mobil Remot Kontrol Nitro
Mobil Remot Kontrol Nitro

Setiap individu mempunyai aktivitas yang disukai atau hobby. Bagi anda yang tertarik pada dunia RC dan sudah lama menjalani hobby ini pastinya sudah mengenal beberapa macam jenis dari hobby remote control ini, selain RC helikopter, dan remot kontrol board, mobile remot kontrol juga mempunyai banyak peminat. Sebenarnya, hobby ini bisa juga mendatangkan rejeki, yaitu dengan cara mengikuti lomba-lomba yang diselenggarakan di daerah anda, jika menjadi pemenang, besar hadianya tidaklah main-main.
Baca Juga : Inilah Jenis dan Tipe Mobile Remot Electric
Anda yang menekuni hobby mobil remot kontrol nitro pastinya harus mempunyai pengetahuan yang basic mengenai mekanika mesin yang ada pada jenis mobile remot ini, dan hal tersebut sudah menjadi suatu keharusan. Sama halnya dengan mesin motor kebanyakan, pada mobil remot kontrol nitro juga mempunyai bagian-bagian seperti kebanyakan mesin, seperti busi, knalpot dll. Untuk ukuran dari mobil remote control nitro rata-rata memiliki skala 1:10 yang mana panjangnya bisa sampai 40 cm, namun ada pula yang berskala 1:8, ukuran yang kecil ini dapat anda bawa kemanapun anda pergi dengan nyaman. Untuk radio kontrol dari mobil bahan bakar nitro ini memiliki frekuensi FM 27,35-72, namun dianjurkan untuk memakai frekuensi 35 sampai 72 yang aman.
Skema Mobil Remot Nitro / Metanol
Skema Mobil Remot Nitro / Metanol

ketika kalian baru mau jalan dengan sepeda motor atau mobil, pastinya harus melakukan pemanasan mesin, tujuannya agar mesin bisa berfungsi dengan baik. begitu halnya dengan tipe mobile remot kontrol berbahan bakar nitro ini, proses break-in atau pemanasan harus dilakukan sebelum mobil dilepas di lintasan, dengan cara mesin dihidupkan tapi tidak dijalankan, sangat dianjurkan untuk membuat umur mesin lebih awet dan tidak cepat rusak. Transmisi gear pada mesin mobil remot kontrol nitro hanya maju tidak bisa untuk mundur.

Kalau soal kecepatan, mobil remot kontrol berbahan bakar nitro ini jauh melampaui kecepatan mobil RC yang berbahan bakar bensin. Mobil RC ini biasanya kita jumpai pada kompetisi atau turnamen mobile RC balap, tak main-main kecepatannya bisa menyamai kecepatan dari sepeda motor, sering juga diadakan lomba kelas off road, drug serta drift class.
Mobil Remot Kontrol Off Road
Mobil Remot Kontrol Off Road

Bila kita tinjau dari harga sebuah mobil remot kontrol nitro ini, harganya lebih murah dari yang berbahan bakar bensin. Di bandrol dengan harga 2,5jta sampai 5juta rupiah untuk mobile remot kontrol nitro yang baru, untuk yang bekas dapat anda peroleh dengan merogok kocek sebesar 1,5juta rupiah. Namun yang perlu anda ingat, harga yang saya sebutkan diatas merupakan harga standart, mahal atau murahnya harga mobil remot kontrol nitro ini tergantung dari spesifikasi KIT dan jenis kotrolernya. Untuk metanol yang menjadi bahan bakarnya, dapat anda lihat pada kemasan. Metanol merupakan bahan bakar yang khusus dana agak sulit untuk didapatkan, karena tidak dapat dikirim memakai jasa pengiriman yang menggunakan pesawat keluar pulau. Untuk harga juga, metanol lumayan mahal, satu liternya bisa mencapai Rp 120.000, satu liter bisa dipakai untuk 2 sampai 3 jam pemakaian. Anda juga dapat membeli mobile remot dari Lazada DISINI


Di indonesia sendiri, mobil remot kontrol bahan bakar metanol sangat gampang didapat, untuk pilihan tipe atau jenis dan modelnya relatif banyak, ada tipe off road, sedan dengan harga yang cukup terjangkan. Untuk anda pemula, hobby mobil remot kontrol RC ini layak anda coba, dan untuk yang sudah berkecimpung lama di dunia RC tetap semangat dan have fun.

0 Response to "Mengenal Mobil Remot Kontrol Nitro / Metanol"

Post a Comment